Pengenalan Relay

Tak semua rangkaian elektronik menggunakan apa yang namanya relai (relay inggris) ini namun sebagai seorang yang bergelut dalam dunia elektronik harusnya kita juga memahami apa itu relay, kegunaan relay, dan cara kerjanya. Saya bukanlah orang yg ahli juga dalam teknik elektronika akan tetapi setidaknya saya memahami dan menyukai teknik elektronika. Nah dari itu saya ingin membagi apa yang saya ketahui kepada sobat semua yang berkenan. Kembali ke topik.... apasih relay/relai itu? ingin tahu jawabannya teruskan membaca.

Pengertian/Definisi Relay

Apa sebenarnya relay itu? atau apasih relay itu? Relay dapat didefinisikan sebagai : suatu alat/komponen elektro mekanik yang digunakan untuk mengoperasikan seperangkat kontak saklar, dengan memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Dengan memanfaatkan lilitan atau coil (koil) berintikan besi yang dialiri arus listrik, tentunya akan menghasilkan medan magnet pada ujung inti besi apa bila koil dialiri arus listrik. Medan magnet/energi magnet tersebutlah yang digunakan untuk mengerjakan saklar nantinya.

Fungsi Relay

Fungi atau kegunaan relai (relay) dalam dunia elektronika sebenarnya juga sama seperti dalam teknik listrik. Hanya saja kebanyakan relay yang digunakan dalam teknik elektronik adalah relay dengan voltase kecil seperti 6volt, 12volt, 24volt berbeda dengan teknik listrik yang memakai relai 220volt, 110volt. Namun ada juga dalam teknik elektronik yg memakai relai dg voltase tinggi. Walau ada perbedaan pemakaian voltase pada relay, sebenarnya relay memiliki fungsi/kegunaan yg sama yakni : sebagai alat pengganti saklar yang bekerja untuk mengontrol/membagi arus listrik ataupun sinyal lain ke sirkuit (circuit) rangkaian lainnya.

Contoh Gambar dan Simbol Relay



Sumber gambar : wikimedia commons
lisensi : public domain

Untuk penjelasan tentang jenis-jenis relay, tipe relay, macam-macam relai serta gambar simbol relai diatas, saya akan coba jelaskan pada lain kesempatan. Kiranya sekian dulu mengenai pengenalan Relay, coz udah udah mau pagi nih hehe... aku juga manusia seperti kalian butuh istirahat juga. jika masih ada kekurangan saya mohon maaf dan silahkan tambahkan pada kolom komentar, OK.

 
/*page number */