Simbol Dasar Ladder diagram PLC

1. LOAD / LD merupakan instruksi bagian paling kiri yang langsung tersambung ke pegangan tangga sebelah kiri dan dalam keadaan terbuaka atau Normaly Open (NO).






2. LOAD NOT / LD NOT merupakan instruksi bagian paling kiri yang langsung tersambung ke pegangan tangga sebelah kiri dan dalam keadaan tertutup atau Normaly Close (NC).






3. AND merupakan instruksi  yang  tersambung setelah load/load not secara seri  dan menghubungkan satu atau lebih input selanjuatnya dan dalam keadaan  terbuka atau Normaly Open (NO).






4. AND NOT merupakan instruksi yang terhubung setelah load/load not secara seri dan menghubungkan satu atau lebih input selanjutnya dan dalam keadaan tertutup atau Normaly Close (NC).






5. OR merupaka instruksi yang terhubung setelah load/ load not secara paralel dan menghubungkan satau atau lebih input selanjutnya dan dalam keadaan terbuka atau Normaly Open (NO).








6. OR NOT merupakan instruksi yang setelah load/load not secara paralel dan menghubungkan satu atau lebih input selanjutnya dan dalam keadaan tertutup atau Normaly Close (NO).








7. OUTPUT  / OUT merupakan instruksi keluaran keadaan NO yang terhubung ke pegangan tangga kanan yang berfungsi untuk menjalankan aktuator.






8. OUTPUT NOT  / OUT NOT merupakan instruksi keluaran keadaan NC yang terhubung ke pegangan tangga kanan yang berfungsi untuk menjalankan aktuator.




 
9. END merupakan instruksi pengakhiran dalam program dan biasanya instruksi ini terpasang secara otomatis. 






Oke sob untuk hari ini munkin hanya itu saja postingannya. Untuk postingan berikutnya mungkin saya akan bahas instruksi lainnya seperti timer, counter dan lain - lain.

Baagi anda yang gak sempet baca postingan saya, anda bisa download langsung postingan ini dalam bentuk ebook di link yang sudah saya sediakan.


Jadi kunjungi terus blog saya . . . ! ! ! (^_^)
 

>> Download ebook postingan ini <<





 
/*page number */